Job Seeking
19.00 | Author: Tee

Diambil dari sini

Semalam daku kumpul-kumpul dengan temen KKN (mungkin bisa dibilang yang terakhir bagi beberapa orang karena sudah lulus dan akan berkelana entah kemana. Good luck ya prend moga-moga kita bisa kumpul lagi). Pada pertengahan acara kita ngobrol tentang rekruitmen khususnya wawancara (maklum pan udah ada yang mulai cari kerja). Emang wawancara susah ya? Belom pernah wawancara sih, eh pernah ding waktu rekruitmen assisten lab DSC.

Rekruitmen itu proses untuk suatu lembaga atau organisasi untuk mencari SDM yang mereka butuhkan untuk mejalankan roda organisasinya. Proses simpelnya adalah penentuan kriteria SDM yang dibutuhkan, publikasi, pendaftaran SDM, dan pemilihan. Organisasi mencari orang yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Jadi intinya adalah memenuhi kebutuhan mereka bukan asal yang baik banget Kalu ga sesuai ma kebutuhan mereka ya susah buat keterima.

So, langkah pertama adalah mencari informasi mengenai pekerjaan dan yang mempekerjakan. Terus sesuaikan dengan apa yang mereka butuhkan. Buat CV yang baik yang dapat menginformasikan bahwa kita adalah yang mereka butuhkan. Terus, saat wawancara, konsisten pada pembuktian bahwa kita memang sesuai dengan kebutuhan mereka seperti apa yang sudah tertulis di CV. Sekali lagi jangan terlalu muluk-muluk yah dalam batas wajar lah.

Kayaknya anak psikologi lebih tau deh..hehe...atau belajar dari pengalaman..(^-^)

This entry was posted on 19.00 and is filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.

0 komentar: