Strategi daerah 2
20.04 | Author: Tee
Setiap daerah itu seharusnya punya strategi sendiri-sendiri agar mampu bersaing dengan daerah lain. Tiap daerah kan punya keunggulan yang berbeda dan seharusnya perkembangan itu berbasis pada keunggulan daerah tersebut. Agar lebih mudah maka pusat juga semestinya punya strategi yang diinginkan untuk setiap daerah. Ini agar tidak semua daerah mempunyai strategi yang sama dan tidak ada daerah yang punya semua strategi hanya karena dia punya sumber daya yang banyak.

Strategi ini penting sebagai dasar perkembangan daerah dan imbasnya pada kependudukan. Pendudukan yang tidak merata yang kini terjadi ini disebabkan karena tidak semua daerah memiliki daya pikat yang sama. Kebanyakan penduduk Indonesia terpikat pada kota Jakarta yang katanya bisa memberikan taraf hidup yang lebih baik. Akhirnya kota itu jadi membludak dan mengalami kesulitan dalam mengontrol penduduknya. Andai setiap kota memiliki daya tarik yang berbeda maka penduduk akan mendapatkan berbagai opsi untuk mencari kehidupan yang lebih baik.

Contoh strategi daerah adalah daerah pelajar, daerah pertanian, daerah wisata, dll. Setiap daerah akan memiliki arah sendiri dalam pembangunanya sehingga warga negara Indonesia dapat memilih daerah yang dia sukai yang menurutny dapat mendukung kehidupannya. Yang mo belajar bisa belajar di daerah pelajar yang memiliki fasilitas yang baik seperti tempat tinggal sementara, buku-buku, warung makan yang murah, dll. Kalau daerah pertanian bisa mempermudah atau memberikan intensif bagi para petani untuk terus bercocok tanam. Yah pokoknya setiap daerah memiliki keunggulannya masing-masing lah..
This entry was posted on 20.04 and is filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.

0 komentar: