Finally Fb
23.16 | Author: Tee
Setelah agak ill feel dengan Fb akhirnya daku bikin juga..semoga memberi banyak manfaat..
Pemasaran dalam kampanye
22.35 | Author: Tee
Berikut ini adalah potongan artikel mengenai komunikasi pemasaran Barrack Obama yang saya ambil dari SWA yang ditulis oleh Olla Chas. Artikel ini sangat menarik karena membuktikan bahwa kampanye itu bisa diibaratkan pemasaran produk seperti yang dilakukan para marketer perusahaan.

Yang berperan besar dalam kemenangan Obama adalah strategi marketing komunikasi kampanyenya yang "menggigit", inspiratif, inovatif dan berkesinambungan. Obama mendapatkan penghargaan "Marketing of the year" oleh The Advertising Age dan American Marketing Association.

Lima hal yang menjadi inti dari kampanye Obama yang hebat itu adalah :
1. Pemilihan pesan dan audiens yang tepat sasaran. Obama mengerti apa keinginan masyarakat AS dan berusaha menyesuaikan pesan yang disampaikannya dengan aspirasi mereka
2. Konsisten melakukan branding. Obama terkenal dengan branding "Change" dan "yes we can" yang sangat kuat.
3. Inspiratif. Gaya komukasi Obama karismatik, tenang dengan tutur kata da intonasi yang teratur dan baik, sikapnya yang sangat penuh atensi kepada audiensnya berhasil membentuk citra yang baik.
4. Optimalisasi internet, social media dan teknologi sebagai jalur komunikasi. Obama terkenal dengan pemanfaatan internet, media sosial dan teknologi yang baik. Websitenya mampu menjaring pendukung dan donator yang banyak.
5. Pemanfaatan media yang strategis.
* Artikel lengkapnya bisa dibaca pada majalah SWA edisi 26 bulan Desember 2008.

Menurut saya, kampanye tidak harus menunjukkan muka politik yang ruwet dan sulit dimengerti terutama masyarakat awam. Kampanye merupakan bagian dari pemasaran bukan sekedar kendaraan politik saja. Kebanyakan dari masyarakat awam hanya ingin mencari figur yang mampu merepresentasikan mereka bukan melihat pergulatan antar partai politik.

Para pencari suara ini seharusnya memposisikan mereka sebagai seorang pemasar. Orang yang akan dipilih memasarkan diri dan pemikirannya kepada masayarakat yang akan "membelinya" dengan suara mereka. Keadaan yang sekarang, banyak orang yang akan dipilih berusaha "membeli" suara masyarakat.

Seperti kebanyakan pemasar, orang yang kampanye seharusnya mengerti apa yang dibutuhkan masyarakat dan melakukan positioning. Indonesia mulai berubah dan tidak akan lagi tertarik dengan positioning terlalu luas dengan embel-embel berjuang untuk rakyat. Itu kerjaan mereka seharusnya bukan positioning. Contoh positioning itu seperti merangkul masyarakat awam dengan harga-harga yang stabil, masyarakat muslim dengan pandangan islam yang bisa berlaku baik bagi umum, pengusaha yang menginginkan iklim usaha yang baik atau elemen masyarakat yang lain.

Setelah menentukan posisi, hal yang penting adalah merencanakan kampanye dengan baik mulai dari materi kampanye hingga biaya. Jangan korupsi dunk. Kampanye tidak mesti mahal. Iklan yang paling baik itu adalah mouth to mouth alias obrolan orang ke orang, murah dan efektif. Yang diperlukan adalah branding yang baik. Masyarakat harus mengerti apa yang kita sampaikan dengan demikian mereka akan menjadi pemasar secara tidak langsung. Dengan ciri khas bangsa ini yang gemar berbicara daripada menulis kurasa tidak akan sulit membuat masyarakat pendukung menjadi pemasar.

Sebuah penelitian memperlihatkan bahwa ada satu partai yang memiliki iklan di TV yang sangat baik dan menurut saya kreatif berhasil masuk kedalam salah satu partai yang patut dipertimbangkan. Semoga makin banyak para kampanye'ers yang kreatif dan inovatif untuk mnurunkan angka golput.

Fatwa MUI terbaru
23.52 | Author: Tee
Malam tadi semua acara berita di tv membahas fatwa haram MUI yang terbaru yaitu rokok, golput dan yoga. Fatwa baru ini mendapatkan perhatian khusus dari masyarakat terutama rokok dan golput. Saya sendiri ikut mikir sampai baru bisa tidur jam 1 pagi, tapi memang karena sorenya sudah tidur..

Rokok itu...

Sebagai orang yang tidak merokok masih belum bisa menyetujui fatwa haram rokok sepenuhnya. Rokok memang berbahaya tetapi bahaya kurasa belum terlalu tinggi tidak seperti minuman keras yang bahayanya tinggi. Saya masih bingung dengan fatwa ini walaupun tidak berlaku penuh karena ada batasannya yaitu hanya untuk anak-anak, remaja, ibu hamil dan di tempat umum. Tanggapan mertuanya mas arkha gimana ya?

Golput itu hak!

Fatwa haram golput ini jelas-jelas saya tolak. Wong jelas-jelas memilih itu hak kok bukan kewajiban. Alasan yang mereka kemukakan adalah takut kalau sampai tidak ada pemerintahan atau pemimpin. Ini benar-benar tidak berdasar dan terlalu sempit. Dengan hormat saya mengatakn itu pak atau ibu. Negara ini sudah kompleks sistemnya bukan jaman suku-suku seperti dahulu. Tidak mungkin sistem ketatanegaraan akan membiarkan ketidakadaan pemimpin dalam suatu negara pasti ada meknisme kalau golputnya sampai sejauh itu.

Golput sendiri tidak mesti diartikan kejahatan karena bisa dianggap sebagai sebuah mekanisme untuk mengontrol para wakil rakyat. Golput menunjukkan kinerja calon wakil rakyat yang tidak baik seperti saat ini. Golput seharusnya menjadi pengingat dan potensi yang bisa digarap oleh para calon wakil rakyat dengan membuat kampanye atau pendekatan yang lebih baik lagi.

Saya melihat kampanye yang dilakukan para calon wakil rakyat ini sudah kuno dan tidak efisien lagi. Seperti yang diberitakan oleh salah satu TV berita di Indonesia, pemilih tidak semuanya adalah pemilih tradisional yang bisa memlilih hanya dengan nama partai, wajah calon ato iklan-iklan janji saja. Para calon wakil rakyat ini harusnya memiliki ideologi yang bisa ditawarkan kepada masyarakat dan ideologi inilah yang dipilih masyarakat. Kalau janji saja sih semua orang juga bisa.

Cobalah untuk mendekati calon pemilih dengan turun ke tempat-tempat umum untuk bersosialisasi langsung dengan mereka. Menyapa dan ngobrol dengan mereka seperti para tokoh di Amerika. Bukan berarti kita setuju dengan Amerika lho tapi mereka punya cara kampanye yang menurutku menarik. Ada komik jepang "Kunimitsu" yang bercerita mengenai politik dan kampanye di Jepang. Buatlah kampanye sekreatif dan sebaik mingkin, tidak harus mahal kok.

Huf, I've talk to much and the rain has calmed a bit. I think I want to go home now. Thanks for listening. I hope you have another perspectives that you can share with me for the sake of this country.

My new skin
20.09 | Author: Tee
I don't plan to change my blog's skin but seeing Abi's blog made me want to. So I decided to try the link he gave in his blog and I saw a nice skin and placed it in my blog. It looked great now but i must work hard to update the html like adding my blog link and i don't have the list. Sob...

A few weeks ago I'm thinking to create another blog, a blog that will contain my thought about what's happening in the world, but i think it"ll troublesome to me so decided not to until i have the power and time.

Oh yes, I want to say welcome back to Abi and Pak Budi. They finally posting again after a few months without any post. Abi got a new skin now, better then before the old school skin. Pak Budi strikes back with his new quiz that i haven't got the answer yet, you should try it.

Finally i hope this new skin can resemble my new life. Right now i'm trying to improve my life, better then do nothing. Many of my friends have a new life right now and i'm trying to reach my new life. I hope GOD will answer my pray quickly. Amin

Last word, please help me with my english and give me correction if i wrong. Thank you..

Supply Demand based Development
23.34 | Author: Tee
Pada dasarnya setiap orang ingin agar kebutuhannya dipenuhi mulai dari yang primer yaitu sandang, pangan dan papan hingga yang tersier. Keterbatasan kemampuan yang di miliki setiap orang membuat orang membutuhkan orang lain untuk memenuhi kebutuhannya. Inilah yang kemudian menimbulkan sistem barter untuk saling memenuhi kebutuhan. Lama-lama sistem ini berkembang menjadi sistem ekonomi yang kompleks.

Sistem yang kompleks ini pada dasarnya untuk menukar antara kelebihan yang dimiliki dengan kekurangan. Petani yang bisa menghasilkan nasi untuk makan orang lain membutuhkan hiburan. Petani kemudian membeli TV dari hasil menjual sebagian beras yang dihasilkannya. Penjual TV butuh makan, dia membeli beras dari hasil jualan TV. Akhirnya uang yang menjadi simbol pertukaran tadi hanya berputar-putar saja. Saya tidak tahu dengan ilmu ekonomi yang advance tapi saya yakin bahwa uang itu tidak hilang. Kalau ada krisis dan jumlah orang miskin naik pasti ada yang mendapat untung atau menahan uangnya untuk dibelanjakan.

Setiap orang pasti membutuhkan orang lain untuk memenuhi kebutuhannya dan ini juga berlaku untuk orang kaya sekalipun. Bedanya, orang kaya pasti lebih banyak memeliki kebutuhan dan memiliki daya beli yang tinggi. Jadi yang kita perlukan adalah bagaimana agar orang-orang terutama orang kaya tersebut agar mereka mau belanja. Kalau yang sudah berpengalaman di dunia usaha sih pasti sudah terlatih untuk melihat potensi pasar tapi bagi orang atau masyarakat di daerah pasti sulit.

Setiap orang pasti memiliki kelebihan dan kekurangan. Yang perlu kita lakukan adalah memiliki kelebihan untuk membantu kekurangan orang lain. So pasti kelebihannya bukan malakin orang to.

Kembali ke topik, pengembangan daerah bisa cukup mudah. Pengembangan disesuaikan dengan penyeimbangan kebutuhan masyarakat. Masyarakat memiliki demand terhadap sesuatu dan masyarakat juga punya potensi untuk memberikan supply terhadap demand tersebut. Pemerintah sebagai pengatur pasti memiliki data mengenai kebutuhan atau tingkat konsumsi masyarakat dan pasti dia juga punya data produksi daerahnya. Dengan data tersebut pemerintah bisa menyeimbangkan demand dan supply agar tercipta masyarakat yang sejahtera. Masyarakat terpenuhi kebutuhannya baik yang ingin kebutuhannya tercukupi dan mereka yang ingin mendapatkan pekerjaan untuk bisa hidup.

Tidak perlu memikirkan masalah prosesnya dulu yang penting bagaimana kebutuhan di dua sisi ujung ini bisa dipenuhi. Pemerintah mencari produk apa yang belum tercukupi atau masih impor kemudian mendayagunakan potensi yang ada untuk pemenihan produk tersebut. Misal produk susu yang sangat dibutuhkan masyarakat tapi tidak terbeli karena harganya masih mahal. Daripada impor susu lebih baik pemerintah mendayagunakan potensi yang ada untuk memenuhi kebutuhan susu. Di negeri ini banyak yang memiliki ilmu mengenai sapi dan SDM yang bisa ditarik untuk menjalankan proses pembuatan susu ini pun tersedia.

Pemerintah bisa melakukan penyuluhan kepada setiap daerah mengenai potensi yang bisa dikerjakan oleh masyarakat. Pemerintah kemudian membimbing masyarakat yang telah sepakat untuk menggarap potensi tersebut dengan mendatangkan pihak yang ahli di bidang yang bersangkutan. Tidak hanya itu, pemerintah juga mulai membangun infrastruktur untuk mendukung proses yang sudah berjalan tersebut mulai dari insentif langsung hingga perlindungan hukum seperti menahan laju impor susu.

Dengan adanya proses pemenuhan kebutuhan dari dalam negri sendiri maka diharapkan pasar domestik akan lebih kuat karena pada dasarnya negeri ini punya kemampuan mandiri yang kuat. Yang dibutuhkan sekarang adalah orang-orang yang mau berpikir untuk bangsanya bukan hanya untuk dirinya sendiri. Tidak hanya itu, orang-orang yang berpikir maju demi bangsanya ini harus sering berdiskusi untuk bisa memberikan solusi yang terbaik. Jangan kalah dengan mereka yang mengaku bekerja demi rakyat yang menggaji mereka tapi lebih sering bolos dari kerja mereka.